Digitalisasikan UMKM, Mahasiswa KKN Undip Buat Video Profil UMKM Desa Muneng

 
(Pengambilan footage di UMKM Gula Aren 
Bu Tariyah Desa Muneng)


Campusnesia.co.idTemanggung (7/8/2024) - Di era globalisasi seperti sekarang, metode pemasaran dan pengenalan suatu produk tidak terbatas secara luring saja, suatu usaha dituntut untuk dapat terus menerus mengikuti perkembangan teknologi agar dapat terus bersaing dengan yang lain. Menyadari adanya tantangan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024 berinisiatif untuk membuat program digital marketing melalui pembuatan sebuah video singkat terkait UMKM lokal yang dipilih di Desa Muneng, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Jiddan Nawfal Hidayat mahasiswa program studi S1 Ekonomi mengungkapkan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi UMKM Lokal Desa Muneng adalah minimnya pemasaran secara digital baik dalam bentuk tulisan ataupun video, padahal jika ditinjau kembali UMKM lokal yang ada di Desa Muneng memiliki banyak sekali potensi untuk lebih berkembang kedepannya. “UMKM di Desa Muneng ini cenderung beroperasi di daerah sekitar saja, untuk pemasaran secara luas cenderung kurang dikarenakan profil usaha mereka yang kurang diketahui” jelasnya.

Menjawab tantangan tersebut, Jiddan mendatangi beberapa UMKM lokal di Desa Muneng untuk kemudian bekerja sama dalam pembuatan program kerja berupa video singkat mengenai bagaimana proses produksi yang dilakukan UMKM tersebut. Video ini nantinya akan dimasukkan ke dalam website desa sebagai salah satu dari banyaknya potensi di Desa Muneng. Program kerja tersebut dilaksanakan selama beberapa minggu berjalannya kegiatan KKN di Desa Muneng.

Program kerja mahasiswa KKN tersebut dilakukan dengan mendatangi masing-masing UMKM yang telah dipilih di Desa Muneng. Dalam prakteknya, Jiddan melakukan observasi lapangan dan mengambil beberapa footage video serta melakukan wawancara singkat kepada masing-masing pelaku UMKM. Program dilanjutkan dengan proses editing video dan penyusunan narasi deskriptif singkat yang mencakup tahapan produksi UMKM terkait. Menurut Jiddan, sebuah media pemasaran memiliki peran vital dalam tahap akhir sebuah usaha terlebih lagi usaha lokal dengan tujuan memperluas pangsa pasarnya. 

Keberadaan video singkat ini diharapkan dapat menjadi titik mula dimana UMKM yang ada di Desa Muneng akan lebih dapat dikenal baik hasil produksinya maupun bagaimana proses terbuatnya suatu produk tersebut. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon