Digitalisasi Keuangan: Langkah Awal Menuju Masa Depan UMKM





Campusnesia.co.idPada tanggal 1 Agustsus 2024 Tim KKN II Universitas Diponegoro melaksanakan program multidisiplin berupa edukasi yang  berjudul “Digitalisasi Keuangan: Langkah Awal Menuju Masa Depan UMKM” dengan sasaran UMKM Home Made yang memproduksi kerajinan semua kain perca.
 
Program yang dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2024 oleh mahasiswa KKN yang bernama Yeremia Satrya Pungkasa di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon bertujuan untuk mengajak pelaku UMKM Home Made yang memproduksi kerajinan semua kain perca bisa meningkatkan kesadarannya untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sekarang sedang marak digunakan semua generasi, baik generasi Y, Z bahkan ada juga generasi X yang sudah menggunakan pembayaran elektronik QRIS. Selain itu, digitalisasi juga berkontribusi pada inklusi keuangan, memberikan akses layanan keuangan kepada segmen masyarakat yang sebelumnya terpinggirkan.

 
Tidak diragunakan bahwa perkembangan zaman sangat pesat terutama pada sektor pembayaran. Oleh karena itu, digitalisasi keuangan sangat penting bagi UMKM sebagai langkah awal menuju masa depan yang lebih baik. Dengan mengadopsi teknologi keuangan, seperti platform digital dan aplikasi keuangan, UMKM dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya transaksi, dan memperluas akses ke sumber daya keuangan. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan transparansi dalam pengelolaan keuangan, serta mempermudah proses pengambilan keputusan berbasis data. Dengan demikian, digitalisasi keuangan tidak hanya mendukung pertumbuhan UMKM, tetapi juga memperkuat ketahanan ekonomi secara keseluruhan.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon