Digitalisasi Kependudukan: Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Mendata dan Memberikan Edukasi Digitalisasi Melalui IKD (Identitas Kependudukan Digital)

Gambar 1 Edukasi Langsung Kepada Masyarakat 
Tentang Pentingnya DIgitalisasi melalui Identitas Kependudukan Digital


Campusnesia.co.id -  Mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Diponegoro, Semarang, melaksanakan sosialisasi dan pendataan  mengenai Identitas Kependudukan Digital (IKD) secara langsung kepada masyarakat di Desa Morobongo  (24/07/2024). Dalam kegiatan tersebut dilakukan secara langsung door to door ke rumah warga Desa Morobongo. 

Saat ini digitalisasi menjadi salah satu aspek yang penting di dalam masyarakat. Dalam memasuki era digitalisasi menjadikan akses informasi yang mudah dan cepat melalui perangkat teknologi.  Pada pemerintahan era digitalisasi membawa perubahan yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan layanan publik.

Pemerintah saat ini telah menciptakan program dari implementasi SPBE dan Smart City. Salah satunya yaitu program dari Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil menciptakan Program IKD atau Identitas Kependudukan Digital. Identitas Kependudukan Digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui smartphone. IKD berfungsi untuk meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk, mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital, dan mengamankan kepemilikan identitas kependudukan digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data. 

Pada program tersebut seluruh masyarakat diharapkan memiliki atau mendaftarkan dirinya dalam IKD (Identitas Kependudukan Digital). Namun di Desa Morobongo memiliki kendala dalam pendataan pendaftaran IKD. Karena masih banyak masyarakat yang belum mendaftarkan dirinya ke akun IKD. Hal tersebut terjadi karena beberapa masyarakat desa masih belum memahami teknologi.

Salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 melaksanakan program kerja monodisiplin atau program kerja individu berupa pendataan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital serta pemberian edukasi mengenai digitalisasi melalui Identitas Kependudukan Digital. Program ini dirancang dengan tujuan memperkenalkan teknologi digital kepada masyarakat Desa Morobongo, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tuntutan era digitalisasi. Melalui pendataan kepemilikan Identitas Digital ini dapat membantu Pemerintah Desa dalam melakukan pendaftaran bagi masyarakat desa yang belum mendaftarkan IKD.

Gambar 2. Penempelan Informasi 
Pentingnya Identitas Kependudukan DIgital

Diharapkan dengan adanya Pendataan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital serta Edukasi mengenai Digitalisasi melalui Identitas Kependudukan Digital dapat memberikan manfaat bagi pemerintah desa dan masyarakat sekitar. Dengan adanya program kerja tersebut dapat memberikan pengaruh yang baik dan masyarakat desa menjadi lebih melek akan digitalisasi khususnya yaitu dalam pemerintahan. Pendaftaran Identitas Kependudukan Digital ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses data kependudukan dan layanan publik yang terintegrasi.



Penulis :
Rahma Ayuning Tyas Aviantri
14010121140110

Jurusan / Fakultas :
Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dosen Pembimbing Lapangan :
Sukiswo S.T., M.T

Lokasi :
Desa Morobongo
Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon