Dari KKN Untuk Kemlayan, Mahasiswa UNDIP Berikan Solusi Akuntansi Praktis dengan Ciptakan Aplikasi Untuk Pedagang Streetfood Kemlayan



Campusnesia.co.id - Surakarta (4/8.2024) pada minggu ke-4 KKN, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) telah melaksanakan pelatihan software akuntansi sederhana berbasis Excel di Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Program ini dirancang untuk memberdayakan komunitas pedagang streetfood di Kemlayan yang setiap minggunya berjualan di sepanjang Jalan Bedoyo, koridor Singosaren. Malam Minggu menjadi puncak aktivitas streetfood di kawasan tersebut, dengan jumlah pengunjung yang meningkat pesat.

Namun, setelah melakukan survei pada minggu pertama, ditemukan bahwa mayoritas pedagang masih menggunakan pencatatan manual dengan tangan, yang tidak hanya memakan waktu lama tetapi juga mengganggu kelancaran transaksi. Hal ini menyebabkan potensi kehilangan pembeli dan pencatatan yang dilakukan sering kali berantakan, sehingga sulit direkapitulasi dengan baik.

Program ini diusung dengan tujuan untuk membantu para pedagang streetfood Kemlayan. Dalam upaya menyukseskan program, koordinasi dilakukan bersama Bapak Banendro, koordinator streetfood Kemlayan. Melalui beliau, undangan disebarkan kepada 40 pedagang streetfood untuk menghadiri pelatihan pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2024, bertepatan dengan pelaksanaan streetfood rutin mingguan.


Pelatihan berlangsung pada Minggu, 4 Agustus 2024 di aula Kelurahan Kemlayan. Mahasiswa KKN menggunakan metode hands-on dan demonstrasi langsung dalam mencatat transaksi menggunakan software akuntansi berbasis Excel yang telah mahasiswa susun. Peserta pelatihan diikuti oleh 20 orang dengan range usia antara 20-40 tahun terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Program berjalan dengan lancar, dan software tersebut akan dibagikan melalui grup komunitas dengan bantuan dari koordinator streetfood.

Harapannya, dengan adanya pelatihan ini, para pedagang streetfood di Kemlayan dapat memiliki aplikasi pencatatan yang sederhana dan efisien, sehingga ke depannya mereka dapat melakukan pembukuan dengan lebih baik. Mahasiswa KKN memberikan software ini secara gratis kepada para pedagang untuk digunakan dan dikembangkan lebih lanjut, dengan harapan dapat mendukung keberlanjutan dan kesuksesan usaha mereka.



Editor:
Achmad Munandar 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon