Dari Desa Untuk Desa! Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2024 Lakukan Transformasi Pelayanan Desa Dengan Mengadakan Standing Banner Serta Leaflet Alur Pelayanan Administrasi Desa Dan Syarat Pendukung Pengurusan Berkas Pelayanan Adminduk Secara Informatif

 

Campusnesia.co.id - Desa Trombol, Kec. Mondokan, Kab. Sragen (1/8/2024) - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 melakukan langkah inovatif dengan mengadakan X-Standing Banner dan leaflet yang memuat alur pelayanan administrasi desa serta persyaratan pendukung pengurusan dokumen administrasi kependudukan secara informatif.

Program kerja ini digagas oleh Rafi Jauhar Setiadi, mahasiswa KKN dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi Administrasi Publik UNDIP. Berawal dari observasi dan wawancara mendalam dengan Pak Ryan Deni selaku Kepala Seksi Pelayanan Desa Trombol, ditemukan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di desa tersebut masih menghadapi berbagai kendala. Salah satu masalah utamanya adalah belum tersedianya informasi yang jelas dan terstruktur mengenai jenis layanan yang dapat diakses masyarakat di Kantor Balai Desa Trombol. Kondisi ini seringkali membuat warga bingung dalam memahami prosedur dan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi.

Pelaksanaan program kerja ini dimulai dengan melakukan observasi dan wawancara guna mencari permasalahan berkaitan dengan pelayanan dokumen kependudukan kepada Pak Ryan Deni selaku Kasi Pelayanan Desa Trombol. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut ditemukan permasalahan bahwa Kantor Balai Desa Trombol menghadapi kendala signifikan terkait pelayanan administrasi kependudukan, di mana belum tersedianya menu pelayanan administratif yang jelas dan terstruktur. Akibatnya, banyak warga yang tidak mengetahui  layanan apa saja yang dapat mereka akses atau proses di kantor desa tersebut.  Dengan melihat permasalahan yang terjadi maka dibuatlah X-Standing Banner dan leaflet yang memuat alur pelayanan administrasi desa dan syarat pendukung pengurusan berkas pelayanan adminduk yang disediakan oleh Balai Desa Trombol.

X-Standing Banner dan pembagian 29 leaflet kepada masing-masing Ketua RT diserahkan pada tanggal 1 Agustus 2024 yang kemudian dilakukan sosialisasi kepada perangkat desa dan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini mendapatkan antusias yang tinggi dari perangkat desa dan masyarakat karena menjadi suatu langkah transformasi guna memudahkan dan membantu masyarakat dalam memahami alur pelayanan dan informasi seputar persyaratan pendukung pengurusan pelayanan administrasi kependudukan Desa Trombol.

 

Melalui pengadaaan X-Standing banner dan pembagian 29 leaflet kepada Ketua RT Desa Trombol ini diharapkan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi layanan sehingga menghindari terjadinya hambatan hambatan yang berkaitan dengan informasi alur pelayanan administrasi kependudukan. Selain itu, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat yang masih mengalami kebingungan dan kesulitan dalam membawa persyaratan dokumen atau berkas yang diperlukan ketika akan mengurus administrasi kependudukan yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pelayanan publik di Desa Trombol.

Inisiatif ini merupakan langkah nyata yang diambil oleh mahasiswa KKN UNDIP dalam mendukung transformasi pelayanan publik di tingkat desa, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan administrasi di Desa Trombol.


Penulis:
Rafi Jauhar Setiadi - Administrasi Publik, FISIP Undip
Dosen Pembimbing Lapangan:
Muhammad Subhan S.IP, M.InternatRel

Lokasi KKN:
Desa Trombol, Kec. Mondokan, Kab. Sragen

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon