Dari Data Menuju Aksi Nyata: Pelatihan Pembuatan Grafik Infografis Kependudukan Guna Membantu Perencanaan Pembangunan Desa

 

Pelatihan Pembuatan Grafik Infografis Kependudukan 
kepada Perangkat Desa melalui Kasi Kesra


Campusnesia.co.idPemalang (05/08), Dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan data kependudukan, Wahyu Aditya Bagus Mahardika, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro dari program studi matematika mengadakan pelatihan pembuatan grafik kependudukan menggunakan Microsoft Excel kepada perangkat Desa Jrakah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 5 Agustus 2024, di Balai Desa Jrakah. Kegiatan ini ditujukan Bapak Murtadho sebagai Kepala Seksi Kesejahteraaan atau Kasi Kesra selaku perangkat desa yang mengurus pengelolaan data kependudukan di Desa Jrakah.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali Pak Murtadho selaku Kasi Kesra dengan keterampilan teknis dalam mengolah dan menyajikan data kependudukan secara visual dan informatif. Selama ini Pak Murtadho dalam mengelola data kependudukan hanya dicatat pada pencatatan manual menggunakan kertas. Dalam era digital saat ini, penguasaan Microsoft Excel menjadi sangat penting untuk mempermudah pengambilan keputusan berbasis data. Oleh karena itu, pelatihan ini mendapat sambutan positif dari perangkat desa yang antusias mengikuti pelatihan.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan pengenalan dasar Microsoft Excel, di mana Pak Murtadho diajarkan cara memasukkan data, mengelompokkan informasi, dan menggunakan formula dasar. Selanjutnya, mahasiswa KKN memberikan tutorial langkah demi langkah untuk membuat berbagai jenis grafik, seperti grafik batang, grafik garis, dan diagram pie, yang dapat digunakan untuk visualisasi data kependudukan, seperti jumlah penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, dan wilayah.

Fokus utama dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang aplikatif dan relevan dengan kebutuhan desa. Tidak hanya mengajarkan cara membuat grafik, mahasiswa KKN juga mengajarkan cara bagaimana menganalisis data yang dimiliki agar informasi yang disajikan dapat digunakan untuk perencanaan dan pengambilan kebijakan di Desa Jrakah.
Pak Murtadho diberikan kesempatan untuk langsung mempraktikkan materi yang diajarkan dengan menggunakan data kependudukan Desa Sejahtera yang sudah diolah. Mahasiswa KKN turut mendampingi dan memberikan bimbingan jika ada kendala dalam proses pembuatan grafik.

Pelatihan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan evaluasi, di mana Pak Murtadho memberikan umpan balik positif dan menyampaikan harapan agar pelatihan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Sebagai penutup, Pak Murtadho diberikan modul panduan penggunaan Microsoft Excel untuk membuat grafik yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pekerjaan sehari-hari. Selain itu juga diberikan poster infografis kependudukan Desa Jrakah.


 
Penyerahan Poster Infografis Kependudukan Desa Jrakah 
dan Modul tentang Panduan Membuat Grafik dengan Microsoft Excel

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen mahasiswa KKN dalam mendukung pembangunan desa melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan perangkat desa dapat lebih mahir dalam memanfaatkan teknologi untuk pengelolaan data, sehingga tata kelola desa dapat menjadi lebih efektif.


Penulis:
Wahyu Aditya Bagus Mahardika
Mahasiswa Program Studi Matematika
Fakultas Sains dan Matematika
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon