Dalam Upaya Peningkatan Informasi Dan Perencanaan Tata Ruang Wilayah Mahasiswa KKN Tim II Undip Membantu Perangkat Desa Untuk Pembaharuan Peta Administrasi Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan




Campusnesia.co.id - Kabupaten Pekalongan (10/8/2024) - Peta administrasi adalah kumpulan data teknis suatu wilayah yang penting dan diperlukan untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah secara geografis sehingga mempermudah dalam mendapatkan informasi mengenai suatu daerah. Peta administrasi sendiri dibuat untuk memperoleh informasi secara grafis dari suatu wilayah secara jelas. Peta administrasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam optimalisasi potensi desa dalam penggunaan lahan dan perencanaan tata ruang wilayah. Hal inilah yang menjadi landasan utama pembuatan peta administrasi dan tata guna lahan yang dilakukan oleh salah satu anggota KKN Tim II Undip di desa Yosorejo yaitu Jurnaliza Triana.

Adanya kebutuhan informasi yang lebih jelas dan akurat terkait profil desa dan batas dusun serta batas lahan-lahan yang telah usang dan rusak sehingga harus diperbaharui untuk mengoptimalkan potensi desa dan penggunaan lahan yang lebih terkini. Proses pembuatan peta ini dimulai dari survei lapangan oleh Jurna yang dibantu oleh warga desa. Proses ini dilakukan dengan melakukan pendataan secara rinci batas-batas antar dusun, jalan utama, serta lokasi fasilitas umum seperti balai desa, sekolah, tempat ibadah, dan pusat kesehatan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dipetakan secara digital untuk menghasilkan peta yang mudah dipahami dan digunakan.

Pada Sabtu (10/8/2024), Peta administrasi desa dan tata guna lahan yang telah dibuat ini diserahkan dan dipresentasikan kepada perangkat desa serta dipajang di balai desa dalam bentuk cetakan. Jurna juga mengirimkan softfile kepada perangkat desa sebagai cadangan atau digunakan untuk dapat memperbaharui atau mengedit jika ada informasi yang akan ditambah, sehingga peta tersebut dapat terus relevan dan berguna seiring dengan perkembangan desa.

Pihak desa memberikan respon positif terhadap kegiatan ini karena dirasa peta yang telah ada memang telah usang dan harus diperbarui. Banyaknya data baru juga menjadi salah satu alasan warga menganggap kegiatan ini menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dengan selesainya peta administrasi ini, Jurna berharap Desa Yosorejo dapat lebih efektif dalam mengelola wilayahnya dan mencapai tujuan pembangunan yang lebih berkelanjutan.




Editor:
Achmad Munandar


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon