Ciptakan Remaja Inovatif, Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Produksi Poster Digital sebagai Media Edukasi Kesehatan di Kelurahan Kauman Surakarta

 


Campusnesia.co.id - Kauman (23/7/2024), Sebagai langkah strategis untuk menciptakan remaja inovatif dan cerdas teredukasi kesehatan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Semarang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan program “Pelatihan Produksi Poster Digital sebagai Media Edukasi Kesehatan”. Program tersebut dilaksanakan pada Selasa malam, 23 Juli 2024 dari pukul 19.00 – 20.30 WIB di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta dengan sasaran remaja yang tergabung dalam forum anak Kelurahan Kauman. 

Remaja adalah target utama yang dipersiapkan untuk regenerasi kader kesehatan di masa depan. Sebagai generasi yang identik dengan penguasaan internet, remaja dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi salah satunya membuat poster digital melalui aplikasi editing. Poster digital merupakan media edukasi kesehatan yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat karena memiliki desain menarik yang mengkombinasikan unsur visual. Remaja yang membuat poster digital harus memahami esensi poster digital sebagai media edukasi kesehatan serta tutorial pembuatannya.
 

Dalam program pelatihan tersebut, remaja dibekali pengetahuan terkait poster digital yang baik dan sesuai dengan prinsip promosi kesehatan, cara membuat poster digital yang menarik, serta cara menentukan isi pesan kesehatan yang efektif. Selama pelatihan berlangsung, remaja diberikan leaflet yang berisi panduan pembuatan poster digital melalui aplikasi Canva yang dapat digunakan sebagai pedoman. 

Kegiatan pelatihan juga menyediakan contoh perbandingan poster digital yang sesuai dan kurang sesuai serta gambaran poster digital berisi pesan kesehatan yamg dibuat menggunakan aplikasi Canva. Selama pelatihan berlangsung, remaja yang tergabung dalam Forum Anak Kelurahan Kauman antusias mengikuti pelatihan dan menunjukkan ketertarikannya untuk belajar membuat poster digital. 

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan keterampilan remaja dapat meningkat untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi. Remaja di Kelurahan Kauman juga diharapkan dapat menginisiasi pembuatan poster digital yang berisi pesan kesehatan untuk disebarkan di masyarakat maupun dipublikasikan melalui akun media sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan kesehatan. 




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon