Cilok Protein Ikan: Satu Langkah Maju Menuju Masa Depan yang Lebih Sehat



Campusnesia.co.idPekalongan - Kamis (26/07/2024) Nur’aini Shanty Maharani, mahasiswi Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Diponegoro telah berhasil menyita perhatian dengan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang inovatif. Melalui program kerja di KKN ini, ia mengembangkan sebuah inovasi camilan sehat bernama “Cilok Protein” yang diperkaya dengan hidrolisat protein ikan. Sumber daya perikanan khususnya ikan telah umum dikenal sebagai sumber gizi yang tidak kalah baik dari hewan lainnya, gizi yang terkandung pada ikan seperti Vitamin (A, D, B6, B12), Omega 3, Mineral (Zat besi, Yodium, Seng, Flour, Selenium), dan Protein.

Cilok Protein, camilan khas Indonesia yang dipadukan dengan sentuhan modern, hadir sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin menjalani gaya hidup sehat namun tetap menikmati kelezatan makanan ringan. Penambahan Hidrolisat Protein Ikan (HPI) sebagai alternatif pemanfaatan sumber protein memberikan nilai tambah pada produk ini karena kaya akan protein berkualitas tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama bagi mereka yang aktif berolahraga atau memiliki gaya hidup yang padat.

 

Hidrolisat Protein Ikan (HPI) merupakan produk hasil dari proses hidrolisis protein ikan yang kompleks. Proses ini memecah protein menjadi rantai asam amino yang lebih pendek, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia. Beberapa keunggulan dari HPI ini yaitu kadar protein mencapai >80% (tergantung jenis ikan yang digunakan), kaya akan asam amino essensial, tidak memiliki bau, dapat larut dalam air, mudah diaplikasikan pada berbagai olahan makanan, dan mudah diserap oleh tubuh. 

Program kerja KKN Nur’aini dilaksanakan pada kegiatan rutin Ibu-Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di RT 16 / RW 06 Kelurahan Gumawang. Para ibu PKK yang hadir pada kegiatan program ini memperoleh informasi baru sekaligus mendapatkan sampel HPI dan produk cilok protein. Respon para hadirin yang baik ditunjukkan dari munculnya berbagai pertanyaan dan beberapa diskusi mengenai Hidrolisat Protein Ikan (HPI) sebagai protein tambahan dalam olahan makanan sehari-hari di rumah. Selain cilok, HPI ini juga sangat cocok ditambahkan pada camilan lainnya sebagai pengganti makanan ringan yang kurang sehat, seperti pada bakwan atau nugget. 

Pembagian luaran program kerja yang berupa produk cilok, sampel Hidrolisat Protein Ikan (HPI), dan pamflet diharapkan menjadi media yang efektif untuk mendemostrasikan secara langsung manfaat dan keunggulan produk inovatif ini. Cilok protein tidak hanya memberikan alternatif camilan yang lebih sehat bagi masyarakat, tetapi juga membuka peluang bisnis baru dan mendorong pengembangan produk olahan ikan. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon