Cerdas Bertransformasi Digital!!! Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Berhasil Digitalisasi Pelaku UMKM Sapugarut Dengan Aplikasi Siapik

 
Dokumentasi Pelaksanaan Program 
"Pelatihan dan Mentoring Pengelolaan Keuangan Digital 
dalam Pembukuan untuk Pelaku Sektor UMKM"

Campusnesia.co.idSapugarut, Buaran, Kabupaten Pekalongan (08/08/2024) – Di perkembangan industri digitalisasi yang semakin berkembang pesat saat ini, seluruh sektor bisnis perlu untuk melakukan perubahan dini untuk mengikuti perkembangan digital, tidak terkecuali para pelaku UMKM. Digitalisasi ini diharapkan mampu membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah di segala lini, termasuk pengelolaan keuangan. Kelurahan Sapugarut merupakan salah satu kelurahan yang berpotensi di dalam sektor usaha UMKM-nya. Hal ini dibuktikan dengan tingginya jumlah para pelaku UMKM yang memiliki berbagai jenis usaha.

Perkembangan sektor usaha ini di wilayah ini memungkinkan perluasan sektor usaha yang lebih luas lagi di beberapa tahun kedepan. Akan tetapi, dilihat dari pencatatan transaksi pendapatan dan beban-beban, terdapat kendala dalam produktivitas usahanya. Faktor yang menjadi dasar argumentasi ini adalah hampir seluruh para pelaku UMKM masih melakukan pencatatan transaksi keuangannya dengan cara manual. Kendala tersebut menjadi suatu hambatan dalam perkembangan usaha karena kurang efektif dan efisiennya proses pencatatan transaksi keuangan usaha.

Berdasarkan hal ini, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun 2024 program studi Akuntansi berusaha menjawab keresahan para pelaku UMKM dengan berhasil sukses menciptakan program digitalisasi pencatatan keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Program ini dilaksanakan secara door to door ke tempat usaha para pelaku UMKM dengan penjelasan mengenai pentingnya digitalisasi keuangan disertai penggunaan aplikasi yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) yaitu Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK). Aplikasi ini dirancang oleh BI ini membantu dalam pengelolaan keuangan UMKM para pelaku bisnis.

 
Kegiatan edukasi ini dilaksanakan di tempat usaha pelaku UMKM selama satu hari dalam bentuk acara sosialisasi untuk memberikan pemahaman lebih lanjut terkait pembukuan transaksi keuangan usaha, pentingnya pembukuan transaksi, serta manfaat adanya teknoogi digitalisasi dalam membantu mencatatan transaksi keuangan. Selain sosialisasi, kegiatan ini diisi juga dengan demonstrasi yang berisi pengenalan aplikasi SIAPIK dan pengenalan fitur-fitur yang ada, mulai dari cara mencatat transaksi yang masuk berupa kas, persediaan, pengeluaran, pemasukan, serta laporan keuangan. Adanya tampilan visualisasi dari persentase persediaan dan pemasukan ini memudahkan para pelaku bisnis untuk melihat perkembangan usaha. Pada sesi dokumentasi, yang merupakan penutup acara, mahasiswa KKN TIM II UNDIP memberikan buku panduan (booklet) yang berisi tata cara dalam pencatatan transaksi keuangan dengan aplikasi SIAPIK.

Program kerja mahasiswa KKN TIM II UNDIP yang dilakukan oleh Dongan Basar Kristianto Manalu, dengan pembimbingan dari Bapak Mujiono Hafidh Prasetyo, SH., M.H., LL.M selaku dosen pembimbing lapangan, mendapatkan respon positif dari para pelaku UMKM dan mereka cukup memahami aplikasi ini. Terlaksananya program "Pelatihan dan Mentoring Pengelolaan Keuangan Digital dalam Pembukuan untuk Pelaku Sektor UMKM" ini, diharapkan mampu membuat para pelaku UMKM di Kelurahan Sapugarut dapat lebih cepat dalam mengelola keuangan usaha dengan berbasis digital sekaligus dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi, serta akuntabilitas dalam pengelolaan usaha mereka.



Penulis: 
Dongan Basar Kristianto Manalu 
(Akuntansi - Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon