Cegah Tekanan Darah Tinggi, Mahasiswa TIM II KKN UNDIP memberikan Penyuluhan dan Pelatihan Senam Hipertensi untuk Kader Posyandu dalam Rangka Skrining Awal Hipertensi




Campusnesia.co.idMahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2023/2024 yang ditempatkan Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Temanggung, mengadakan program monodisiplin mengenai penyuluhan mengenai penyakit hipertensi dan pelatihan senam hipertensi kepada kader posyandu.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering ditemukan di Desa Morobongo. Hipertensi seringkali tidak menimbulkan gejala, sehingga sering disebut sebagai silent killer. Hipertensi disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor yang dapat diubah, dan faktor yang tidak dapat diubah. Faktor yang dapat diubah meliputi, konsumsi makanan tinggi garam, merokok, kurang aktivitas fisik, obesitas, dislipidemia, dan stres. Sementara itu, faktor yang tidak dapat diubah adalah genetik dan usia. Jika tidak segera ditangani, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti, stroke, serangan jantung, gagal ginjal, dan kerusakan pembuluh darah. Oleh karena itu, pencegahan dan deteksi dini sangat penting.

Hipertensi dapat dideteksi salah satunya, dengan pemeriksaan tekanan darah. Pemeriksan tekanan darah dapat dilakukan secara teratur di posyandu, sehingga dibutuhkan adanya peningkatan pengetahuan kader yang cukup mengenai hipertensi. Maka dari itu, dilakukan penyuluhan mengenai hipertensi, cara menggunakan dan membaca tensi digital, serta pelatihan senam hipertensi sebagai salah satu cara untuk menanggulangi hipertensi. 
 

Senam hipertensi merupakan olahraga yang ditujukan untuk penderita hipertensi dan lanjut usia untuk mengurangi berat badan dan mengelola stres (faktor yang mempertinggi hipertensi). Senam hipertensi dapat meningkatkan aliran darah dan pasokan oksigen ke dalam otot-otot dan rangka yang aktif khususnya terdapat otot jantung sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 

Penyuluhan telah dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli dan Kamis, 5 Agustus 2024. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi mengenai hipertensi dan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan senam kepada kader. Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan, hasil yang dicapai cukup memuaskan. Kader kesehatan terlihat antusias serta aktif bertanya pada sesi diskusi. Dengan adanya rangkaian kegiatan mengenai penurunan tingkat hipertensi ini, diharapkan Desa Morobongo dapat terbebas dari hipertensi, dan masyarakat lansianya bisa hidup lebih sehat serta memperoleh kehidupan yang bermakna. Pelatihan senam yang ditujukan bagi para kader juga diharapkan menemui hasil berkelanjutan, yaitu diterapkannya kegiatan senam setiap bulan sebelum kegiatan posyandu oleh para kadernya.



Penulis :
Sadrina Altafh Nurhasna.

Jurusan / Fakultas :
Kedokteran.

Dosen Pembimbing Lapangan :
Sukiswo S.T., M.T

Lokasi:
Desa Morobongo
Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon