Cegah Stunting untuk Penerus Bangsa: Mahasiswa TIM II KKN Undip Berikan Penyuluhan dan Demonstrasi Pembuatan Makanan Tambahan


Dokumentasi Pelaksanaan Program Multidisiplin 
“Memutus Rantai Stunting untuk Generasi Mendatang”


Campusnesia.co.id - Kabupaten Pekalongan (04/08/2024), Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro mulai melaksanakan program multidisiplin bertema stunting. Program berjudul “Memutus Rantai Stunting untuk Generasi Mendatang” ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Sapugarut khususnya kepada para Kader Posyandu, ibu-ibu hamil, dan orang tua batita. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan pemahaman para ibu kader, hamil, dan batita terkait stunting sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga asupan gizi untuk mengurangi angka stunting di Kelurahan Sapugarut.

Jika dibandingkan dengan kelurahan dan desa lain, Sapugarut merupakan kelurahan dengan tingkat stunting yang tinggi. Selain itu, kesadaran ilmu gizi untuk anak yang dimiliki para orang tua Kelurahan Sapugarut juga cenderung rendah. Program multidisiplin bertema stunting yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Tim II KKN Undip menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menanggulangi permasalahan tersebut.


Program bertema stunting yang dilaksanakan oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro dengan bimbingan Bapak Mujiono Hafidh Prasetyo, S.H., M.H., LL.M menjadi salah satu upaya untuk memutus rantai stunting di Kelurahan Sapugarut dengan cara memberikan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan makanan tambahan kepada para peserta. Sosialisasi tersebut berisi tentang edukasi mengenai stunting dan cara pemenuhan gizi seimbang. Sedangkan demonstrasi pembuatan makanan tambahan yang diberikan berisi tutorial membuat lumpia ayam sayur.

Keberjalanan program bertema stunting yang diberikan KKN Tim II Undip mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Kelurahan Sapugarut terlebih dari para Kader Posyandu, ibu-ibu hamil, dan orang tua batita. Menurut para kader, program ini memberikan insight lebih tentang stunting, gizi, dan makanan tambahan. Tak hanya itu, KKN Tim II Universitas Diponegoro juga membagikan leaflet berisi edukasi stunting dan gizi tambahan.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon