Cegah Stunting! Kreativitas Mahasiswa TIM KKN Undip 2024 dalam Mengolah Ikan Lele menjadi Nugget Sebagai Upaya Meningkatkan Gizi

 

Campusnesia.co.idDesa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Sukorharjo (1/8/2024). Stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak merupakan masalah kesehatan serius yang mempengaruhi banyak negara, termasuk Indonesia. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan fisik dan kognitif anak, yang pada gilirannya berdampak pada kualitas hidup mereka di masa depan. Upaya pencegahan stunting perlu melibatkan pendekatan multidimensional, termasuk perbaikan gizi, pendidikan kesehatan, dan inovasi dalam penyuluhan gizi.

Dalam upaya mendukung pencegahan stunting, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Undip 2024 telah melaksanakan program inovatif di Desa Sugihan. Program ini berfokus pada pengolahan ikan lele menjadi nugget sebagai bagian dari strategi pencegahan stunting yang bertujuan meningkatkan asupan gizi masyarakat, khususnya anak-anak. Program Kerja ini dilaksanakan di Balai Desa Sugihan dengan Sasaran Ibu-Ibu PKK.

Ikan lele adalah sumber protein dan nutrisi yang sangat baik. Selain kaya akan protein, ikan lele juga mengandung asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral yang esensial untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Namun, konsumsi ikan lele dalam bentuk tradisional mungkin tidak selalu menarik bagi anak-anak, terutama mereka yang lebih suka makanan olahan.

Melihat peluang ini, TIM KKN II UNDIP 2024 mengembangkan olahan nugget ikan lele. Nugget adalah pilihan makanan yang lebih menarik dan praktis, serta dapat menjadi alternatif sehat dibandingkan dengan makanan olahan lainnya yang kurang bergizi. Dengan menyajikan ikan lele dalam bentuk nugget, mahasiswa KKN berharap dapat meningkatkan minat anak-anak untuk mengonsumsi ikan secara teratur.


Selain penyampaian materi, program kerja ini juga dilakukan dengan membagikan produk nugget dari ikan lele. Pelaksanaan program kerja ini mendapat respon yang sangat baik yang ditunjukkan antusiasme ibu-ibu untuk mencoba membuat nugget ikan lele untuk anaknya. Luaran dari program ini berupa poster dan pembagian produk olahan nugget lele kepada Ibu-Ibu PKK Desa Sugihan.

Harapan setelah pelaksanaan kegiatan program kerja ini yaitu mampu mengedukasi ibu-ibu mengenai pentingnya makan ikan bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, pembagian nugget lele juga diharapkan dapat menambah minat anak kecil untuk mengonsumsi ikan setiap hari.


Penulis : 
Mahasiswa KKN TIM II 
Universitas Diponegoro 2024
Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari
Kabupaten Sukoharjo

DPL : 
Dr. Khabibi, S.Si., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon