Cegah Stunting di Desa Baleharjo (Sragen), Mahasiswi UNDIP Tingkatkan Kesadaran Warga Dengan Mengenalkan Menu Harian Bergizi Seimbang!


Campusnesia.co.idSragen - Rabu (25/7) - Desa Baleharjo di Kecamatan Sukodono, Sragen, menempatkan permasalahan stunting sebagai prioritas utama, karena angka stunting desa telah memasuki 21,3% di antara seluruh wilayah di Kecamatan Sukodono (peringkat ke-3 tertinggi). Penanganan stunting dimulai dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi ibu, anak, remaja perempuan sebagai calon ibu. Namun, kesadaran ini belum sepenuhnya tersebar di seluruh wilayah Baleharjo, sehingga mahasiswi KKN dari Universitas Diponegoro berupaya meningkatkan kesadaran tersebut melalui isi piring seimbang. Isi piring bergizi seimbang dikenalkan pada warga Desa Baleharjo sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman akan pentingnya makan makanan yang beragam dan memiliki tujuan yang baik di tiap komponennya.

Isi piring seimbang dikenalkan oleh Mahasiswa KKN Desa Baleharjo (Nashwa Rasheeda) melalui 4 komponen utama yakni, karbohidrat, protein, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Keempat komponen tersebut dikenalkan dengan jumlah dan komposisinya tiap porsi sekali makan. Warga dikenalkan dengan makanan yang biasa di masak/mudah di dapatkan di Desa Baleharjo seperti, ikan, jagung, serta sayur dan buah dari perkebunan sekitar. Hal ini juga dapat mengurangi adanya food waste serta meningkatkan optimalisasi diversifikasi pangan. 

Warga memberikan respon positif dengan menunjukan rasa ingin tahu yang lebih! Selain itu, warga juga menanyakan untuk variasi menu masakan atau isi piring yang disesuaikan dengan hasil perkebunan/peternakan masing masing warga. Hal ini menunjukan adanya inisiatif warga dalam melengkapi gizi harian, dengan memberikan alternatif menu yang mudah didapatkan dan disesuaikan dengan masing-masing pribadi. Di akhir sesi konsultasi/tanya jawab, Nashwa Rasheeda menekankan kembali ke warga untuk meningkatkan diversifikasi makanan dalam kesehariannya dengan cara melakukan pengolahan pangan dan melakukan rotasi menu.



Penulis : 
Nashwa Rasheeda 

Instansi : 
Universitas Diponegoro (S1-Teknologi Pangan)

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon