Cegah Pergaulan Bebas, Jadilah Generasi Penerus Bangsa yang Bijak dan Cerdas!


Dokumentasi Pelaksanaan Program “Gerakan Remaja Sehat: Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Generasi Penerus Bangsa”


Campusnesia.co.idSapugarut, Buaran, Kabupaten Pekalongan. (02/08/2024). Masa remaja merupakan masa peralihan dari usia anak menjadi dewasa. Perubahan fisik, emosi, dan psikis menjadi tanda seseorang telah memasuki masa ini. Perubahan-perubahan tersebut dapat membuat remaja menjadi lebih ekspresif dalam mengeksplorasi organ kelamin dan perilaku seksualnya. Remaja yang memasuki masa peralihan, biasanya memiliki pengetahuan yang masih kurang mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Sehingga pada masa ini, remaja cenderung berpotensi besar untuk terpengaruh dalam melakukan pergaulan yang bebas sampai akhirnya berujung pada seks bebas sebelum menikah dan tindakan yang melanggar norma serta nilai lainnya. Oleh karena itu, di masa remaja yang krusial ini penting bagi remaja untuk memiliki bekal pengetahuan mengenai kesehatan reproduksinya agar remaja dapat menjalani proses reproduksinya secara sehat dan bertanggung jawab. 

Di Kelurahan Sapugarut sendiri, masih banyak remaja yang belum memiliki cukup pengetahuan terkait pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Berdasarkan fenomena tersebut, mahasiswi KKN Undip Kelurahan Sapugarut, Noor ‘Aini mengusung sebuah program kerja dengan tema “Gerakan Remaja Sehat: Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Generasi Penerus Bangsa”. Program kerja ini bertujuan untuk membantu membangun kesadaran diri bagi remaja di Kelurahan Sapugarut untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka agar terhindar dari dampak negatif pergaulan bebas. Program kerja ini berupa penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi yang didalamnya akan dipaparkan materi tentang cara menjaga dan merawat organ-organ reproduksi, pencegahan terhadap penyakit menular seksual, pergaulan bebas, dan pernikahan dini. Sasaran dari program ini adalah anak usia 12 tahun, yang mana usia tersebut merupakan usia awal dari masa remaja. Penyuluhan kesehatan reproduksi tersebut dilaksanakan di SD Negeri Sapugarut pada hari Jumat, 2 Agustus 2024 pukul 08.00 WIB dengan pesertanya yaitu seluruh siswa dan siswi kelas 6 baik perempuan maupun laki-laki.

Kegiatan Program “Gerakan Remaja Sehat: Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Generasi Penerus Bangsa” ini dimulai dengan mini kuis terkait pergaulan bebas dan kesehatan reproduksi secara umum yang peserta ketahui. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian booklet berisi materi yang akan disampaikan oleh Aini. Selanjutnya masuk pada sesi pemaparan materi dan diskusi tanya jawab. Setelah sesi pemaparan materi dan diskusi, acara dilanjutkan dengan pengerjaan kuis yang soal-soalnya diambil dari materi yang telah dipaparkan. Terakhir, acara ditutup dengan sesi dokumentasi bersama seluruh peserta penyuluhan.

Program “Gerakan Remaja Sehat: Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi untuk Generasi Penerus Bangsa” disambut dengan sangat antusias oleh para siswa dan siswi kelas 6 di SD Negeri Sapugarut. Mulai dari sesi awal sampai akhir penyuluhan, semangat mereka tidak pernah pudar. Bahkan pada saat sesi kuis setelah pemaparan materi, mereka dengan kompetitif bersaing untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Aini.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon