Book of Dreams, Buku Inspiratif dari Tim II KKN UNDIP Untuk Kemlayan

 


Campusnesia.co.id - “Pelatihan Menulis Bahasa Inggris” yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro disambut baik oleh berbagai elemen masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung di Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Proyek pembuatan karya tulis ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin yang disusun oleh Shasqia Alifia mahasiswi S1 Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya. 

Program kerja ini menggandeng Forum Anak “Pelangi” Kemlayan untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam pelaksanaannya. Pelatihan yang berlangsung selama beberapa minggu ini diikuti oleh para kader Forum Anak “Pelangi” Kemlayan dengan antusias. Pelatihan menulis ini dimulai dengan pendampingan brainstorming sebagai langkah awal mereka dalam menuangkan gagasan yang ingin mereka tulis. Peserta pelatihan didampingi untuk bisa mengekspresikan mimpi, cita cita, dan harapan mereka melalui tulisan. Program ini memiliki tujuan untuk melatih kemampuan dan budaya literasi serta memotivasi kader Forum Anak “Pelangi” Kemlayan dalam menggapai cia cita mereka. 

Luaran hasil dari program kerja ini tidak hanya berupa peningkatan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris, tetapi juga sebuah produk nyata, yaitu buku yang berjudul Book of Dreams. Buku ini berisi kumpulan karya tulis mereka. Buku tersebut memuat berbagai cerita mereka tentang cita cita mereka yang inspiratif. 


“Program kerja ini membawa dampak positif bagi keberjalanan Forum Anak ‘Pelangi’ Kemlayan karena dapat menginspirasi para kader di Forum Anak ‘Pelangi’ Kemlayan dalam mewujudkan impian dan cita cita mereka. Hasil produk dari program kerja ini, yaitu buku Book of Dreams juga bisa menjadi salah satu bukti bahwa Forum Anak ‘Pelangi’ Kemlayan dapat membuahkan suatu karya hasil tangan sendiri dengan bantuan dari Tim II KKN UNDIP,” ucap Kevin, Ketua Forum Anak “Pelangi” Kemlayan. 

Selanjutnya, buku ini akan menjadi salah satu koleksi buku di etalase pojok baca milik yang ada di Kelurahan Kemlayan. Buku ini juga menjadi salah satu upaya dalam pemberdayaan pojok baca yang ramah bacaan bagi anak anak dan remaja di wilayah Kemlayan. Dengan tuntasnya  program kerja ini, diharapkan budaya literasi dan semangat dari para kader Forum Anak “Pelangi” Kemlayan dapat terus meningkat.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon