Bikin Kandang Kinclong, Ternak Jadi Sehat”. Mahasiswa UNDIP Ajarkan Cara Pembuatan dari Desinfektan dari Bayclin




Campusnesia.co.idKlaten (13/08/24) - Haya Farah Afifah Mahasiswa tim II KKN UNDIP Desa Mundu, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Tahun 2023/2024. Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro. Melaksanakan program kerja monodisiplin dengan judul “Optimalisasi biosekuriti  kandang dengan membuat desinfektan berbahan dasar bayclin sebagai salah satu pencegahan penyakit pada ternak bersama Kelompok Tani Ternak’” dengan sasaran Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo. Program kerja ini dilaksanakan di rumah Ketua Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo pada hari Rabu (31/07/24).

Sanitasi kandang memainkan peran penting dari peternakan yang baik, tetapi sanitasi kandang seringkali diabaikan oleh peternak. Kurangnya pengetahuan tentang sanitasi kandang akan menimbulkan berbagai masalah yang dapat berdampak buruk pada kesehatan ternak, lingkungan, dan bahkan manusia.

Di Desa Mundu,  beberapa peternak masih belum menyadari pentingnya sanitasi kandang dan masih  jarang sekali melakukan pembersihan kandang menggunakan desinfektan sehingga ternak yang dipelihara mudah untuk terjangkit penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kandang yang kurang bersih.

Mahasiswa KKN Tim II dari Universitas Diponegoro (UNDIP)  tahun 2023/2024 dari Program Studi Peternakan mengadakan kegiatan  Optimalisasi Biosekuriti  Kandang dengan Membuat Desinfektan Berbahan Dasar Bayclin Sebagai Salah Satu Pencegahan Penyakit Pada Ternak Bersama Kelompok Tani Ternak.

Sosialisasi pentingnya desinfektan: Haya Farah Afifah dari Tim II KKN Undip memulai program dengan survei lokasi ke Peternakan Kelompoknya Tani Ternak, mengidentifikasi masalah yang ada di lokasi, mempersiapkan alat bahan serta materi dalam bentuk leaflet yang berisikan pengertian sanitasi, desinfeksi, tata cara pembuatan desinfektan sederhana sebagai alat pendukung untuk melakukan sosialisasi, lalu mengadakan pemaparan materi dan praktek pembuatan desinfektan dari bayclin. 

“Bayclin mengandung zat aktif yang dapat membunuh kuman dan bakteri secara efektif.” ujar Haya Farah mahasiswa KKN UNDIP.

Proses pembuatan desinfektan sederhana ini dinilai sangat mudah, hanya memerlukan 2 bahan saja yaitu Air dan Cairan Pemutih  Pakaian (Bayclin). Pertama siapkan 1000 ml atau 1 liter air, kemudian tambahkan bayclin sebanyak 30 ml atau 4 tutup botol, aduk hingga merata sebelum dimasukkan ke dalam botol air mineral bekas dan sambungkan dengan alat penyemprot desinfektan. Desinfektan dari Bayclin pun siap untuk digunakan. Dalam mendukung praktik yang telah diajarkan Tim II KKN Undip membagikan alat kebersihan seperti sprayer, dan bayclin kepada Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo

Pak Teguh, ketua Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo di Desa Mundu, menyampaikan rasa terima kasihnya atas program yang telah disampaikan 

“Dengan membuat desinfektan sendiri dari bahan bayclin, saya tidak perlu lagi membeli produk desinfektan jadi yang harganya cukup mahal” kata Pak Teguh selaku Ketua Kelompok Tani Ternak Margo Mulyo. 

Program ini berhasil meningkatkan kesadaran peternak mengenai pentingnya desinfektan dalam sanitasi kandang. Mereka kini lebih paham akan langkah-langkah yang harus diambil untuk menjaga kebersihan kandang dan pencegahan penyakit pada ternak. Melalui pelatihan ini, diharapkan peternak dapat lebih mandiri dalam menjaga kebersihan kandang dan mencegah penyebaran penyakit pada ternak.


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon