Bersama KKN UNDIP Pasar Kliwon Berbenah : QRIS Jadi Solusi Pembayaran Praktis



Gambar 1; Diskusi interaktif dengan para pelaku UMKM


Campusnesia.co.idPasar Kliwon, Surakarta - Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) melalui program Kerja Nyata (KKN) melakukan Peningkatan penjualan UMKM melalui optimasi pembayaran digital dengan Qriss dan pengenalan Digital Payment kepada warga Kelurahan Pasar Kliwon. Kegiatan ini merupakan upaya mahasiswa UNDIP untuk membantu peningkatan efektivitas sistem pembayaran UMKM.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang keunggulan dan pendaftaran Qris ini diselenggarakan selama beberapa hari dan diikuti oleh para pelaku UMKM dari Pasar Kliwon. Dalam sesi edukasi, mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) memaparkan pengetahuan dan informasi tentang keunggulan menjadi merchant Qris dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para peserta. 

Selain itu, mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) juga membawakan beberapa aktivitas interaktif untuk menarik perhatian dan mempermudah peserta memahami materi yang diberikan. Salah satu aktivitas yang sangat populer adalah diskusi interaktif dengan peserta sehingga lebih efisien dalam penyampaian materi.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) berbagi pengetahuan dan informasi tentang Qris dan bagaimana cara pendaftarannya. Salah satu warga yang ikut dalam kegiatan ini, menyatakan bahwa sosialisasi dan edukasi seperti ini sangat penting dilakukan sejak awal agar jika nanti UMKM sudah siap untuk melakukan digitalisasi pembayaran, mereka sudah memiliki bekal dasar mengenai digitalisasi ini. 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat, terutama dari para pelaku UMKM yang mengapresiasi upaya mahasiswa Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP) dalam memberikan edukasi dan membantu UMKM menambah wawasan pengetahuan. 
 


Gambar 2 : Kunjungan langsung ke UMKM Nasi Kebuli 

Ini menunjukkan betapa mahasiswa memainkan peran penting dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan sistem perekonomian daerah setempat. Para mahasiswa membuktikan bahwa mereka tidak hanya memperoleh ilmu di universitas, tetapi juga membantu masyarakat dan membangun negeri. 

“Saya suka kegiatan seperti ini karena kapan lagi bisa belajar digitalisasi gratis dan dibimbing dari dasar.” ujar salah satu pelaku UMKM. 

Secara keseluruhan, kegiatan ini membuktikan betapa pentingnya UMKM untuk serta merta mengikuti teknologi yang selalu berkembang. Mereka membuktikan bahwa ilmu dan kepedulian yang didapatkan di universitas dapat digunakan untuk membantu membangun negeri dan membentuk generasi muda Indonesia yang lebih baik. 



Penulis: 
Nabela Citra Azzahra  
Manajemen / Fakultas Ekonomika dan Bisnis 

Dosen Pembimbing: 
1. Rissa Anandita, S.E., M.Ak., Ak., CA
2. Agus Naryoso., S.Sos., M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon