Berkebun Sederhana dan Tanpa Ribet, Mahasiswi KKN Undip Ajarkan Konsep Urban Farming dari Botol Bekas



Campusnesia.co.id - Huwaida Khansa Fikriana, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 Desa Bendo, Sragen telah menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan botol air mineral bekas untuk penerapan urban farming di bawah bimbingan Ibu Riza Susanti, S.T., M.T. sebagai dosen pembimbing lapangan. Acara ini dilaksanakan di Aula Balai Desa Bendo pada Senin, 29 Juli 2024 dan dihadiri oleh anggota PKK setempat.

Urban farming merupakan konsep bertani modern dengan penggunaan lahan yang tidak luas sehingga dapat diterapkan di pekarangan, dinding, hingga atap rumah. Melalui langkah pembuatan dan perawatan yang sederhana serta pemanfaatan lahan yang minimal, maka dipilihlah progam kerja ini. Selain itu, kegiatan ini juga memanfaatkan kembali botol bekas air mineral sebagai pot tanaman sehingga penerapannya dapat berkontribusi pada kegiatan pengelolaan sampah secara mandiri.
 

Dalam pelatihan ini, para anggota PKK diajarkan dan didemontstrasikan cara membuat pot dari botol bekas, teknik memanam benih dengan media tanam yang sesuai, serta teknik perawatan yang tepat. Pemilihan botol bekas sebagai pot tamanan, memberikan contoh nyata bahwa berkebun dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang mudah ditemukan. Terlebih juga, dengan konsep bercocok tanan ini, tanaman tidak perlu disiram setiap hari sehingga perawatannya relatif mudah.

Program kerja yang dilaksanakan mendapatkan respon positif dari anggota PKK yang hadir, “Konsep urban farming ini menarik, membuat saya ingin mencoba di rumah nanti, sepertinya pembuatannya juga mudah karena bahan – bahan yang ada sudah tersedia,” ujar Ibu Sumini, salah satu peserta yang hadir, dalam wawancara yang dilakukan setelah pelaksanaan program kerja ini. 

Kegiatan ditutup oleh dokumentasi dengan peserta yang hadir. Agar lebih memperdalam pemahaman, peserta yang hadir juga leaflet panduan pelaksanaan urban farming. Program edukasi urban farming ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Desa Bendo untuk lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup melalui pengolahan sampah plastik dan pemanfaatan lahan kosong.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon