Belajar Asyik, Es Krim Praktis: Kegiatan KKN dengan Siswa SD Membuat Es Krim Menggunakan Plastik Zipper



Campusnesia.co.id - Pekalongan, 2 Agustus 2024 - SDN 01 Desa Rembun, Pekalongan merupakan salah satu sekolah dasar di desa yang memiliki minat tinggi terhadap berbagai kegiatan kreatif dan edukatif. Namun, kesempatan untuk mengikuti kegiatan yang menggabungkan aspek pembelajaran dan keterampilan praktis pada SD tersebut masih terbatas. Dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut, Mohamad Rizky Dharmawan, mahasiswa program studi Teknologi Pangan dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, telah menciptakan program bertajuk “Demonstrasi Pembuatan Es Krim Secara Sederhana Menggunakan Plastik Zipper.” Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan kurangnya penggabungan aspek pembelajaran dan aspek keterampilan.

Program yang dilaksanakan oleh Rizky ini meliputi beberapa sesi seperti sesi edukasi dan sesi demonstrasi. Dalam sesi edukasi, Rizky melakukan pengedukasian berupa apa itu es krim, kegunaan dari setiap bahan, dan manfaat dari es krim. Untuk sesi demonstrasi dilakukan dengan 25 siswa-siswi dari kelas 5 dibagi menjadi beberapa kelompok, setelah itu diberikan alat dan bahan yang digunakan seperti susu cair, es batu, garam, dan tentunya plastic zipper yang berukuran kecil dan besar, kemudian Rizky mendemonstrasikan caranya kepada siswa-siswi. 


Untuk langkah pembuatan dari es krim ini dilakukan dengan mengisi plastic zipper kecil dengan susu cair dengan rasa sesuai selera lalu ditutup rapat. Plastik zipper yang sudah berisi campuran bahan es krim kemudian dimasukan ke dalam plastic zipper yang lebih besar, yang sudah diisi dengan es batu yang sudah dicampur dengan garam krosok. Plastik zipper besar ini kemudian digoyang-goyangkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga campuran dalam plastik zipper kecil membeku dan berubah menjadi es krim. Jika sudah terbentuk es krim, plastik zipper kecil dibuka dan siswa-siswi bisa langsung menikmati hasil kreasi mereka. 

Kepala Sekolah SDN 01 Rembun menyampaikan bahwa dengan adanya program ini, siswa siswi menyambutnya dengan sangat positif. “Siswa-siswi sangat antusias mengikuti setiap tahapan pembuatan es krim dan merasa bangga dengan hasil kreasi mereka sendiri. Mereka juga mendapatkan pengalaman langsung dalam menggunakan alat dan bahan sederhana untuk membuat sesuatu yang lezat dan menyenangkan.”

Dengan keberhasilan program Demonstrasi Pembuatan Es Krim Sederhana Menggunakan Plastik Zipper di SDN 01 Desa Rembun, Pekalongan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada siswa-siswi, tetapi juga memupuk kreativitas dan keterampilan praktis yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Respon positif dari siswa-siswi menunjukan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting dan perlu dilanjutkan di masa mendatang.



Penulis: 
Mohamad Rizky Dharmawan 
23020121140122 
Teknologi Pangan - Fakultas Peternakan dan Pertanian 

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Hari Susanta Nugraha, S.Sos., M.Si.

Lokasi: 
Desa Rembun, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon