Bakso Ayam Sayur: Menu PMT Enak Untuk Cegah Stunting Oleh Mahasiswa KKN UNDIP Tim II


Foto 1. Pemaparan PMT Bakso Ayam Sayur 

Campusnesia.co.id - Pojok, 23 Juli 2024 - Dalam upaya menanggulangi tingginya angka stunting di Desa Pojok, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP Tim II dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP mengadakan pelatihan pembuatan bakso ayam sayur sebagai Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Putri Nur Rahmania dan berlangsung pada pukul 09.00 hingga selesai di Posyandu Dusun Sidorejo, Desa Pojok, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. 

Pelatihan pembuatan bakso ayam sayur ini diikuti oleh 25 ibu-ibu dan balita dari posyandu setempat. Berfokus kepada pemenuhan angka gizi harian bagi balita, mahasiswa memberikan informasi terkait pencegahan stunting melalui inovasi pangan olahan yang mudah dibuat oleh ibu rumah tangga. Program ini dilakukan dengan mengaplikasikan inovasi dalam pengolahan pangan yang telah dipelajari pada ilmu pangan.

Permasalahan utama yang menjadi sorotan bagi mahasiswa KKN adalah teridentifikasinya 27 anak yang mengalami stunting di Desa Pojok. Untuk itu, dilakukan edukasi kepada ibu-ibu rumah tangga mengenai pentingnya pemberian makanan tambahan. Makanan tambahan yang diberikan disamping makanan pokok dapat meningkatkan angka gizi yang dikonsumsi oleh balita sehingga gizi harian balita dapat terpenuhi. Salah satu menu PMT yang dapat dibuat dengan mudah adalah bakso ayam dengan inovasi penambahan sayur untuk meningkatkan kandungan gizi dari produk tersebut.
 
Foto 2. Pemberian PMT Bakso Ayam Sayur 
kepada Ibu dan Balita Posyandu

Mahasiswa KKN dari Program Studi Teknologi Pangan itu memaparkan informasi penting tentang stunting dan manfaat gizi yang seimbang oleh pemberian makanan tambahan. Target program diberikan media interaktif berupa leaflet yang mencakup penjelasan mengenai stunting, panduan pembuatan bakso ayam sayur disertai oleh alat dan bahan, dan manfaat yang diterima oleh balita dari mengonsumsi bakso ayam sayur. Leaflet tersebut juga dilengkapi dengan QR code yang mengarahkan ke video tutorial pembuatan bakso ayam sayur untuk memudahkan ibu-ibu dalam mempraktikannya di rumah. Setelah itu, dilakukan pemberian produk bakso ayam sayur secara langsung kepada ibu-ibu dan balita posyandu yang hadir. Pemberian produk dimaksudkan sebagai tindak lanjut program kerja ini.

Selama pelatihan, ibu-ibu menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mendengarkan penjelasan serta aktif bertanya. Balita yang turut serta juga tampak menikmati bakso ayam sayur yang disajikan, menggambarkan respon positif terhadap produk yang disediakan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga mengenai pentingnya asupan makanan bergizi untuk mencegah stunting serta memotivasi mereka untuk mempraktikannya dalam pola makan sehari-hari.



Penulis: 
Putri Nur Rahmania

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon