Asah Keterampilan Murid SDN 1 Baleharjo, Kab. Sragen Dengan Mengenalkan Perubahan Wujud Zat dari Proses Pembuatan Es Krim



Campusnesia.co.idSragen - Rabu (25/7) - Dalam rangka mengenalkan teknologi pengolahan pangan bergizi kepada murid-murid Sekolah Dasar (SD), mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Baleharjo, Kec. Sukodono, Kab. Sragen mengadakan kegiatan edukasi melalui praktik pembuatan es krim berbahan dasar susu kedelai di SDN 1 Baleharjo. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah keterampilan siswa terkait teknologi pengolahan pangan melalui pembelajaran perubahan wujud zat dan konsep fisika sederhana. Murid-murid SDN 1 Baleharjo dapat memahami pembuatan es krim dengan mengetahui pengaruh perubahan suhu terhadap wujud suatu zat. 

Pembuatan es krim yang dilakukan memanfaatkan prinsip perubahan wujud zat dari cair menjadi padat dengan metode yang sederhana. Bahan bahan yang digunakan utamanya adalah susu kedelai, es batu, dan garam. Garam kasar berperan penting dalam menurunkan suhu lingkunganya, sehingga mempercepat pembekuan es krim. Selain itu, pemilihan susu kedelai sebagai utama didasari karena kandungan gizinya yang tinggi dan merupakan menu alternatif sehat bagi anak-anak. Selain itu, melalui pengenalan teknologi pangan berbasis susu kedelai, diharapkan murid-murid bisa mengembangkan pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

 

Selama kegiatan berlangsung, para siswa tampak antusias mengikuti setiap tahapan, mulai dari pengenalan teknologi, pembelajaran, hingga demonstrasi. Murid-murid dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang berisikan 5 murid, untuk membuat satu bungkus es krim. Hal ini juga mengasah kemampuan dan kerja sama murid dalam membuat es krim secara berkelompok. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan rasa ingin tahu murid-murid terhadap sains dan teknologi, sekaligus menanamkan pola pikir kreatif dalam memanfaatkan bahan-bahan pangan lokal untuk menciptakan produk bernilai gizi tinggi. 



Penulis : 
Nashwa Rasheeda 

Instansi : 
Universitas Diponegoro (S1-Teknologi Pangan)

Editor:
Achmda Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon