Angka Jadi Sahabat: UMKM Makin Cerdas dengan Aplikasi Keuangan Digital



Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Melakukan Pembuatan Akun BukuWarung 
dan pendampingan pencatatan Keuangan
 Menggunakan Aplikasi BukuWarung Kepada Juragan UMKM 
di Desa Blacanan (25/07/2024) (Foto: Dokumen Pribadi)


Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Melakukan Pendampingan Kepada Pelaku UMKM Yang Berada di Desa Blacanan, Mengenai Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Secara Digital.

Campusnesia.co.idPernahkah Anda membayangkan mengelola keuangan usaha semudah bermain game? Dengan aplikasi pembukuan digital, mimpi itu kini menjadi kenyataan. Blacanan, 25 Juli 2024-Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh Tim II KKN UNDIP di Desa Blacanan, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, kini semakin bergeliat dengan semangat baru. Adanya pelatihan pembukuan sederhana menggunakan aplikasi BukuWarung telah membawa angin segar bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa ini.

Dalam era dimana yang bergerak akan terus maju dan yang tetap dizona nyaman akan tetap tertinggal, Pembukuan keuangan UMKM secara digital menjadi salah satu kunci utama bagi para pelaku UMKM dalam keberlanjutan Usaha.

BukuWarung, dengan tampilannya yang user-friendly, telah berhasil memikat hati para Juragan UMKM. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan pencatatan kas masuk dan keluar, tetapi juga membantu dalam mengelola stok barang, mencatat hutang, serta menyusun laporan keuangan sederhana.

Kegiatan edukasi ini mendapatkan sambutan positif dari para juragan UMKM Desa Blacanan. Para Juragan UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan dan pengetahuan baru yang mereka peroleh, terkhususnya dalam pencatatan transaksi harian Usaha mereka.
Bu Sari, salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan rasa syukurnya, "Dulu, saya sering kebingungan mencatat pendapatan dan pengeluaran. Sekarang, dengan BukuWarung, semua jadi lebih mudah. Saya bisa memantau stok barang saya dengan baik, jadi tidak perlu khawatir kehabisan atau kelebihan stok."


Senada dengan Bu Sari, Pak Udi, salah satu tokoh masyarakat di Desa Blacanan, berharap program ini dapat menjadi langkah awal untuk memajukan UMKM di desanya. "Dengan pembukuan yang baik, kita bisa mengelola usaha dengan lebih efektif dan efisien. Harapannya, UMKM di Desa Blacanan bisa semakin berkembang dan mandiri," ungkapnya.
BukuWarung ini seperti memiliki asisten pribadi untuk urusan keuangan," ujar Bu Turniti, peserta pelatihan lainnya.

Penggunaan BukuWarung ini diharapkan memberikan hal baik dikalangan UMKM Desa Blacanan seperti Peningkatan kualitas pembukuan dimana catatan keuangan menjadi lebih rapi, akurat, dan terorganisir, Memudahkan dalam melacak setiap transaksi yang terjadi dan Mengurangi risiko terjadinya kesalahan pencatatan.

Program Digitalisasi pembukuan pencatatan keuangan oleh Tim II KKN UNDIP 2024 di Desa Blacanan adalah contoh dimana teknologi dapat mempermudah para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan. Melalui Aplikasi BukuWarung ini di harapkan UMKM di Desa Blacanan dapat lebih efisien dalam mengelola keuangan usaha mereka, yang pada akhirnya dapat mendorong optimalisasi pertumbuhan ekonomi pedesaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat Tim II KKN UNDIP di Desa Blacanan dalam mendukung Pertumbuhan UMKM lokal dan percepatan mengadopsi penggunaan teknologi digital.


Penulis:
Anjas Hamonangan Butar Butar
Akuntansi Perpajakan (Fakultas Sekolah Vokasi)

Dosen Pembimbing Lapangan:
Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph. D.
Ichlasul Ayyub, S.S., M.Si
Dr. Hari Susanta Nugraha, S.Sos., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

#kknundiptim2, #p2kknundip, #lppmundip, #undip, #digitalisasipembukuan, #UMKM


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon