Anak Muda Clueless tentang Pilkada? : Pengembangan Partisipasi Generasi Muda untuk #CerdasMemilih Menjelang Pilkada 2024



Campusnesia.co.id - Sukoharjo (17/08/2024) - Pilkada kian mendekat menandakan pesta demokrasi Indonesia perlu mendapat partisipasi yang ramai nan bergembira. Suara anak muda menjadi salah satu penyumbang suara terbesar pada pesta demokrasi, Pilkada 2024. Partisipasi bukan hanya sekedar angka statistik maupun data kuantitas, tetapi juga merupakan cerminan dari kesadaran politik dan tanggung jawab sosial kepada daerah dan bangsa. 

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 Desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo, Jonathan Benjamin Silalahi dari Program Studi S1-Ilmu Pemerintahan menggaungkan program “Pengembangan Partisipasi Generasi Muda untuk #CerdasMemilih Menjelang Pilkada 2024” kepada Karang Taruna “HIMAGA” Desa Jetis, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo.

Urgensi terbentuk dan terwujudnya program ini dikarenakan para karang taruna belum pernah  mendapat sosialsiasi dan edukasi terkait pemilu dan pilkada. Generasi muda sebagai agent of change memiliki kewajiban peduli terkait isu-isu politik dan lainnya. Dengan demikian, mereka dapat menjadi pemilih yang tidak hanya aktif, tetapi juga cerdas dan bertanggung jawab dalam menggunakan hak suara mereka.  Keberjalanan program tersebut juga mendapat umpan balik positif dari HIMAGA. “Kalau tingkat keefektifannya, ya bisa dibilang cukup lumayan. Outputnya mungkin nanti, dari karang taruna yang mungkin besok itu bisa mencoblos atau menggunakan hak pilihnya pada pemilu bisa lebih rasional, atau harus lebih tau lah dalam memimpin pemimpin. Harus mengecek rekam jejaknya juga.” ujar Dewa selaku Ketua HIMAGA Desa Jetis.


Dalam keberjalanannya, program tersebut juga turut diikuti dengan selingan game quiz berbasis digital. “Terkait game kemarin itu kan juga game edukasi ya mas, ada tahapan-tahapan untuk mencapai sebelum pemilu itu, ya. Itu sangat mengedukasi sih mas. Kaya sebelum-sebelumnya itu belum ada yang (me)ngadain game gitu, seperti mas Jonathan.” tambah Dewa saat ditanyakan terkait seberapa seru dan berdampak game quiz yang diikuti.

Program dengan tagline #CerdasMemilih menjadi salah satu inisiatif yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi generasi muda dalam Pilkada 2024. Harapannya juga, Pilkada tahun 2024 menjadi pesta demokrasi yang meriah tanpa adanya unsur-unsur money politic dan kekurangan partisipasi generasi muda. Dan juga, melalui pemilihan nantinya, terpilih pemimpin-pemimpin daerah yang mampu menyelesaikan segala isu daerah, membawa kebermanfaatan serta berdampak bagi masyarakat daerah dan negara. 



Penulis : 
Jonathan Benjamin Silalahi 
(14010121140135)

DPL : 
Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D. 

Lokasi : 
Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon