Anak-anak TK Perintis Sapugarut Belajar Melukis Gerabah




Campusnesia.co.id -  Sapugarut - Anak-anak TK Perintis di Kelurahan Sapugarut antusias mengikuti kegiatan melukis gerabah yang diadakan di ruang kelas mereka pada hari Jumat (2/8/2024) . Program ini adalah bagian dari kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh tim II mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip).

Kepala Sekolah TK Perintis menyatakan kegembiraanya atas kegiatan tersebut, “saya senang sekali anak-anak TK Perintis bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kakak-kakak KKN Undip,” ujarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas anak-anak sekaligus menanamkan rasa cinta dan kebanggan terhadap budaya lokal.

“Melukis di gerabah ini bukan hanya soal seni, tapi juga tentang menghargai apa yang kita miliki sebagai bagian dari warisan budaya. Melalui tangan-tangan kecil ini, kita bisa melihat bagaimana budaya kita terus hidup,”ujar Reyna penanggung jawab program kerja. 


Dalam kegiatan ini, setiap anak menerima gerabah polos dan diajari cara melukisnya. Mereka bebas memilih warna-warna cerah dan motif yang mereka sukai, mulai dari motif sederhana seperti bunga hingga pola-pola abstrak. Program ini tidak hanya mengenalkan seni melukis kepada anak-anak, tetapi juga mengajarkan mereks tentang nilai-nilai budaya yang terkandung dalam setiap karya yang mereka buat.

Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, anak-anak belajar memadukan warna dan menciptakn karya unik mereka sendiri. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam melestarikan warisan budaya melalui seni, sekaligus membangun rasa cinta terhadap tradisi lokal di kalangan generasi muda.




Penulis:
Reyna Nazhannisa
Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

DPL KKN:
Mujiono Hafidh Prasetyo, S.H., M.H., LL. M

Lokasi KKN:
Kelurahan Sapugarut
Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon