Akta Kematian Penting dalam Proses Administrasi dan Hukum



Campusnesia.co.id -  Masyarakat Desa Karangrejo belum banyak yang memiliki akta kematian. Akta kematian perlu dimiliki untuk keperluan administrasi warga yang bersangkutan. Akta kematian memiliki banyak manfaat diantaranya menghindari penyalahgunaan data penduduk, memastikan keakuratan data penduduk, syarat mengurus penetapan ahli waris, syarat mengklaim asuransi dan taspen, hingga persyaratan untuk melakukan perkawinan kembali.

Pembuatan akta kematian bertujuan untuk melengkapi administrasi sebagai warga negara Indonesia untuk memberikan bukti legal bahwa seseorang telah meninggal dunia. Akta ini digunakan untuk berbagai tujuan administrasi dan hukum.

 
Pembuatan akta kematian dilakukan dengan door to door menggunakan pendekatan dengan masyarakat pada Selasa (30/07/2024). Pelaksanaan program dimulai dari meminta data Kepala Desa Karangrejo terkait masyarakat yang belum memiliki akta kematian. Setelah mendapatkan data, selanjutnya melakukan door to door untuk memberikan penjelasan terkait pentingnya memiliki akta kematian, bagaimana cara membuat akta kematian dan berkas yang diperlukan untuk membuat akta kematian. Masyarakat yang berkenan membuat akta kematian, maka dibantu mengumpulkan berkas ke Balai Desa Karangrejo dan apabila sudah jadi akan diantarkan ke rumah warga. Selain itu, juga membuat poster yang berisi tentang pengertian akta kematian, berkas yang diperlukan untuk membuat akta kematian dan kalimat ajakan membuat akta kematian bagi yang sudah meninggal dan manfaat memiliki akta kematian.



Oleh : 
]Amanda Alvina Hapsari

Dosen Pembimbing : 
Ahmad Ainun Najib, S.H., M.H.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon