Metode pengajaran tradisional yang hanya mengandalkan buku teks dan penjelasan lisan mungkin tidak cukup menarik bagi siswa, dan tidak memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang inovatif dan menarik untuk membantu siswa dalam menguasai vocabulary dengan lebih efektif.
Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan Wordwall sebagai media pembelajaran. Wordwall adalah aplikasi berbasis website yang menyediakan berbagai jenis permainan dan aktivitas interaktif yang dirancang khusus untuk memperkuat pemahaman vocabulary siswa. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk membuat kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan aktivitas lainnya yang menarik minat siswa.
Penggunaan Wordwall dalam pengajaran vocabulary memiliki potensi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Dengan pendekatan yang interaktif dan permainan yang menarik, Wordwall dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengasosiasikan kosakata baru dengan cara yang lebih menyenangkan. Hal ini dapat menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan, memicu keterlibatan aktif siswa, dan meningkatkan retensi vocabulary dalam jangka panjang.
Salah satu kelebihan Wordwall adalah fleksibilitasnya. Guru dapat menggunakan Wordwall untuk berbagai tingkatan pada peserta didik. Selain itu, Wordwall juga menawarkan berbagai jenis permainan interaktif yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
Wordwall juga memungkinkan guru untuk membuat paket aktivitas interaktif yang dapat dicetak. Aktivitas yang telah dibuat dengan Wordwall dapat dikirimkan secara daring atau diunduh dan dicetak pada kertas. Hal ini memungkinkan guru untuk menggunakan Wordwall sebagai media pembelajaran yang dapat diakses secara online maupun offline.
Dalam pembelajaran, Wordwall dapat digunakan sebagai pendamping interaktif atau sebagai kegiatan yang berdiri sendiri. Guru dapat memimpin aktivitas Wordwall di depan kelas atau membiarkan siswa memainkannya secara mandiri. Wordwall juga menyediakan fitur klasik seperti kuis dan teka-teki silang, serta permainan gaya arcade seperti labirin dan pesawat terbang
Dalam penelitian ini, kami akan mengeksplorasi pengaruh penggunaan Wordwall dalam pengajaran vocabulary pada kelas 7 H SMP Negeri 1 Trangkil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan rekomendasi praktis bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran vocabulary di kelas. Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan penggunaan teknologi pendidikan dalam meningkatkan pembelajaran vocabulary.
Kata Kunci: gamifikasi, Wordwall, vocabulary, pembelajaran, SMP Negeri 1 Trangkil
Johnson, L., Adams, S., & Cummins, M. (2012). The NMC Horizon Report: 2012 K-12 Edition. The New Media Consortium.
Sailer, M., Hense, J. U., Mayr, S. K., & Mandl, H. (2017). How gamification motivates: An experimental study of the effects of specific game design elements on psychological need satisfaction. Computers in Human Behavior, 69, 371-380.
Wijaya, A. (2020). Implementasi media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 61-68.
sumber: smpn1trangkil.sch.id