Mahasiswi Polines Ajarkan Penggunaan Aplikasi SCM dan Sales ERP Pada UMKM di Tembalang

 


Campusnesia.co.id - Semarang 31/05/2024. Mahasiswi Polines ajarkan penggunaan aplikasi SCM dan Sales pada UMKM di Tembalang. Hal ini merupakan bagian dari pelaksanaan Project Based Learning pada Mata Kuliah International Suplly Chain Management and Enterprise Resource Planning Application dalam bab ERP yang dipelajari dalam Program Studi D3 Manajemen Pemasaran di bawah bimbingan dosen bapak Bayu Setyo Nugroho, S.ST., M.M., CPISC., CIPM.

Tiga mahasiswi Polines yang terdiri dari Adinda Sifa Nurhaliza, Isnanda Nur Annisa dan Siska Nur Septiani memilih Loetju Merchandise sebagai UMKM yang dibantu mengenal aplikasi ERP bernama Odoo. 

Sebagai informasi Loetju Merchandise yang beralamat di Jl. Iwenisari No. 27 Tembalang Semarang adalah UMKM yang bergerak dalam jasa percetakan plakat dan merchandise. Selama ini dalam hal pencatatan stok, pembelian bahan baku, data pembeli  hingga pembuatan nota masih dilakukan secara tulis manual, lewat implementasi mata kuliah ERP ini ketiga mahasiswi Polines di atas mengenalkan, membantu membuatkan akun hingga mengajarkan penggunaan aplikasi Odoo.

"Lewat pelaksanaan Project Based Learning ini kami mencoba membantu UMKM untuk mulai menggunakan aplikasi ERP agar bisa menuju digitalisasi usaha" jelas Adinda saat ditanya mengapa UMKM harus menggunakan aplikasi ERP.

"Penggunaan aplikasi ini banyak manfaatnya selain bisa membuat data stok produk, invoice secara online, juga bisa menjadi dokumentasi dan arsip penjualan secara digital yang suatu saat bisa digunakan untuk berbagai keperluan" tambah Isnanda.

"Kami membantu mengenalkan aplikasi, mendampingi membuat akun, membuat data produk hingga mengajarkan cara penggunaan aplikasi pada pelaku UMKM secara perlahan dengan harapan bisa dipahami dengan baik dan bisa menggunakannya di usaha masing-masing" tutup Siska anggota kelompok saat ditanya.


Bagi yang belum tahu, ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem perangkat lunak yang membantu organisasi mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnis utama. ERP dapat membantu dengan proses di bidang keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, rantai pasokan, layanan, pengadaan, dan banyak lagi. 

Sedangkan SCM  atau Supply Chain Management atau manajemen rantai pasok adalah sebuah sistem yang mengintegrasi berbagai fungsi dan organisasi dalam hal produksi dan distribusi produk ke pelanggan. SCM melibatkan pengelolaan bahan baku, produksi, distribusi, dan pengiriman produk ke pelanggan. Konsep ini sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan terus tersedia untuk pelanggan, dengan biaya yang efektif dan waktu yang tepat. 

Aplikasi Odoo adalah sebuah aplikasi open source untuk manajemen bisnis yang dapat digunakan untuk berbagai industri, jenis produk, budaya kerja, dan pola bisnis. Odoo mencakup semua kebutuhan perusahaan, seperti CRM (Customer Relationship Management), eCommerce, akuntansi, inventaris, point of sale, dan manajemen proyek. Odoo dirancang agar fleksibel dan modular, sehingga perusahaan dapat menyesuaikan dan mengembangkan sistem ERP mereka sesuai dengan kebutuhan. 

"Saya berterima kasih atas praktik kuliahnya dari adik-adik mahasiswi Polines yang sudah mengenalkan dan membantu menggunakan aplikasi ERP yaitu Odoo, sangat terbantu karena umumnya aplikasi serupa berbayar. Semoga dengan menggunakan aplikasi ini kami bisa lebih efisien dan terstruktur dalam mengelola usaha" ungkap Nandar owner Loetju saat ditanya tanggapannya.





Penulis
Alia Lestari



====
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon