Campusnesia.co.id - Ngadirojo, Wonogiri (05/08) - Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus mengalami peningkatan yang signifikan. Faktor-faktor seperti perkembangan teknologi, aksesibilitas informasi, serta dukungan pemerintah dan lembaga finansial telah mendorong pertumbuhan ekosistem UMKM di berbagai sektor.
Namun, dengan pertumbuhan yang pesat, persaingan di antara UMKM juga semakin ketat. Oleh karena itu, pemilihan strategi pemasaran yang tepat menjadi krusial untuk membedakan usaha tersebut dari yang lain dan meningkatkan penjualan. Persaingan UMKM secara ketat juga terjadi di Desa Ngadirojo Kidul terutama Dusun Rejosari yang sebagian besar memproduksi produk serupa seperti mete, rengginang, jamur, dan masih banyak yang lainnya.
Penentuan strategi pemasaran yang tepat harus didukung dengan pengetahuan pemilik usaha atas segmentasi pasar seperti apa yang dituju. Sedangkan dalam praktiknya kebanyakan pelaku UMKM Ngadirojo Kidul masih sangat kesulitan dalam menentukan luasan segmentasi pasar produk mereka. Mereka masih terbatas dengan penggunaan teknologi dan mereka minim informasi mengenai strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan.
Berangkat dari permasalahan tersebut, Zahwa Auditha Putri yang merupakan salah satu mahasiswa KKN Tim II Univeristas Diponegoro dari program studi Agribisnis melaksanakan program kerja mengenai “Pengenalan Analisis Bauran Pemasaran (marketing mix) Untuk Menciptakan Strategi Pemasaran yang Tepat Guna”.
Kegiatan ini telah dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan yaitu pertama pada 19 Juli 2023, sedangkan pertemuan selanjutnya pada 28 Juli dan 5 Agustus 2023 ke 2 UMKM di Dusun Rejosari, Ngadirojo Kidul dengan metode door to door. Rangkaian kegiatan dilakukan pertama-tama dengan memberikan materi serta pencerdasan mengenai apa itu bauran pemasaran dan dilanjutkan dengan melakukan wawancara mengenai keberjalanan usaha ditinjau dari 4 aspek bauran pemasaran.
Baru setelah itu, mahasiswa melakukan analisis dari hasil wawancara dan menghasilkan luaran modul berisi cara analisis bauran pemasaran dan saran strategi yang dapat dilakukan dari hasil analisi bauran pemasaran.
Bauran pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pemasaran terutama untuk mengetahui posisi produk serta kebutuhan konsumen. Bauran pemasaran adalah konsep yang sangat penting dalam dunia pemasaran.
Ini merujuk pada empat elemen utama yang membentuk strategi pemasaran sebuah produk atau jasa. Setiap elemen memiliki peran khusus dalam membentuk citra merek, menjangkau target pasar, dan mempengaruhi keputusan konsumen.
Keempat elemen itu berupa Product (produk) yang mencakup rancangan hingga penyediaan produk yang sesuai dengan keinginan pasar (kualitas, fitur, design, dll), Price (harga) yang berhubungan dengan seberapa banyak nilai tukar bila ingin membayar untuk mendapatkan suatu produk.
Aspek selanjutanya adalah Place (distribusi) yang mencakup saluran distribusi dan merode yang digunakan untuk menjual produk pada konsumen dan Promotion (promosi) yang membahas mengenai upaya untuk mengenalkan produk ke khalayak ramai sehingga dapat menciptakan minat beli.
Proses pemberian materi dan pelatihan pembuatan terlaksana dengan lancar dan urut. Dengan adanya kegiatan ini, pelaku UMKM dapat lebih mengetahui serta menerapkan analisis bauran pemasaran pada produknya sehingga dapat tercipta pula strategi pemasaran yang tepat guna supaya tidak mengeluarkan biaya promosi atau pemasaran yang sia-sia.
Penulis:
Zahwa Auditha Putri
Program Studi:
Agribisnis
Lokasi:
Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri
Dosen Pembimbing Lapangan:
1. Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D.
2. Ahmad Ainun Najib, S.H., M.H.
3. Yuni Dwi Hastuti S.Kep., M.Kep.
KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023