Say NO to Keracunan Makanan! Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Warga Kenali Aspek Keamanan Pangan Rumah Tangga




Campusnesia.co.id - Pekalongan (30/07/2023), Keracunan makanan merupakan hal yang sangat dihindari karena pada beberapa kasus dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius. Demi mencegah terjadinya keracunan makanan maka perlu memperhatikan aspek keamanan pangan selama pengolahannya. 

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan kontaminasi biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman mengenai cara yang tepat dalam mengolah makanan untuk menghasilkan makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim II KKN UNDIP melaksanakan program edukasi terkait keamanan pangan rumah tangga. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 30 Juli 2023 dengan diikuti oleh ibu-ibu PKK Desa Karangasem. 

Dokumentasi Pelaksanaan Program


Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan aspek keamanan pangan, khususnya bagi ibu rumah tangga, dalam pengolahan pangan sehari-hari di rumah. Mulai dari pemilihan pangan, penanganan, pengolahan, pengemasan, hingga penyimpanan pangan. 

Kegiatan dilaksanakan dengan pemaparan materi mengenai 5 kunci keamanan pangan dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengolah makanan. Kelima kunci keamanan pangan tersebut meliputi jagalah kebersihan, jagalah pangan mentah dari pangan matang, masaklah dengan benar, jagalah pangan pada suhu aman, dan gunakan air serta bahan baku yang aman. 

Materi yang disampaikan disesuaikan dengan keamanan pangan yang ditemui sehari-hari. Disertakan pula barang-barang pendukung studi kasus fenomena yang umum terjadi, seperti pemberian contoh beberapa jenis kemasan yang dilarang digunakan dalam mengemas pangan, seperti kantong plastik non-food grade yang dilarang untuk mengemas makanan matang.

Poster Informatif 5 Kunci Keamanan Pangan


Keberlangsungan kegiatan berjalan dengan kondusif, terlihat dari peserta yang mendengarkan dengan seksama dan antusias dalam bertanya, maupun berdiskusi bersama. Harapannya, pelaksanaan program ini dapat memberikan pemahaman kepada para ibu yang berperan utama dalam mengolah makanan di rumah tentang pentingnya keamanan pangan untuk menghasilkan pangan yang sehat, aman, dan mencegah adanya penyakit bawaan pangan



Penulis: Nisrina Meylisa Adinny
DPL: Ocid Mursid, S.T., M.T.
Lokasi: Desa Karangasem, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon