Menjawab Tantangan Fluktuasi Harga Nangka, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Inovasi Produk Kreatif

 


Campusnesia.co.idFluktuasi harga buah nangka yang merugikan masyarakat serta petani Desa Lebakwangi pada musim panen memicu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro untuk melakukan inovasi. Mereka mengambil inisiatif untuk mengolah buah nangka menjadi stik nangka, tidak hanya sebagai alternatif pengolahan, tetapi juga sebagai cara mengatasi tantangan harga musiman. 

Stik nangka merupakan makanan ringan yang praktis dan lezat serta memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan dan menggerakkan roda perekonomian di tingkat lokal Desa Lebakwangi. Selain itu, produk olahan stik nangka juga belum banyak dikembangkan di daerah lain sehingga dapat menjadi salah satu ciri khas olahan dari Desa Lebakwangi.

Program kerja dilaksanakan pada forum pertemuan ibu-ibu PKK Desa Lebakwangi pada Hari Selasa, Tanggal 1 Agustus 2023. Forum dihadiri oleh 45 anggota PKK dan 8 perangkat desa. Kegiatan berjalan selama 45 menit di aula Balai Desa Lebakwangi. Kegiatan dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan pelatihan pembuatan stik nangka yang disambut antusias oleh para peserta. Hal tersebut tercermin dari peserta yang secara sukarela membantu demo masak serta secara aktif mengajukan pertanyaan.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan product branding. Pada pelatihan ini, ibu-ibu PKK diberi pemahaman mengenai deskripsi umum dan peran penting product branding bagi suatu produk serta pemahaman mengenai langkah-langkah pembuatan tagline produk, identifikasi produk dan strategi promosi. 

Untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta mengenai product branding, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro telah menyiapkan contoh product branding untuk produk stik nangka yaitu Terale Jackfruit Chips dengan tagline “your go-to-foodies yang selalu bikin ketagihan”. Filosofi nama Terale diambil dari kata Tegal, Jatinegara, Lebakwangi yang merupakan daerah asal produk stik nangka.
 
Dalam forum juga dilakukan sosialisasi mengenai strategi pemasaran produk. Sosialisasi berisi tata cara pemasaran produk yang efektif dilakukan di daerah Desa Lebakwangi. Tujuannya agar produk stik nangka yang nantinya diproduksi oleh masyarakat dapat dipasarkan dengan baik dan dapat berkembang menjadi salah satu UMKM desa.

Serangkaian kegiatan pelatihan diakhiri dengan pembagian produk stik nangka kepada semua peserta. Produk yang dibagikan telah dikemas dalam standing pouch berlogo Terale Jackfruit Chips. Ibu-ibu PKK peserta pelatihan menyambut baik inovasi produk stik nangka ini dan beberapa ibu tertarik untuk membuat sendiri. Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Desa Lebakwangi dapat mencapai kemandirian ekonomi dan mampu mengoptimalkan potensi yang ada di desa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon