Campusnesia.co.id - Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal (26/01/2023) Digital marketing adalah kegiatan memasarkan atau mempromosikan suatu merek atau brand produk yang dilakukan melalui media digital. Sedangkan branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk sehingga konsumen bisa membedakan bisnis yang di bangun dengan pesaing, dan menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik "perhatian" calon konsumen baru.
Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di RW 03 masih banyak pelaku UMKM yang pemasarannya masih di daerah terdekat saja, dan produk usahanya hanya di titipkan di toko toko dan warung warung terdekat, serta packaging yang digunakan masih biasa dan kurang bisa mengikuti perkembangan yang terjadi di sekitarnya.
Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan masih banyak pelaku UMKM yang pemasarannya masih konvensional dan kurang bisa mengikuti perkembangan yang terjadi di sekitarnya serta branding yang dilakukan kurang up to date, sehingga perlu dilakukan cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu memberikan edukasi dan pendampingan mengenai pentingnya penerapan digital marketing dan branding UMKM bagi pemasaran usaha dengan memanfaatkan media sosial dan e-commerce seperti shopee.
Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro, Mia Permata Sari (21), Prodi Manajemen dan Administrasi Logistik, Fakultas Sekolah Vokasi 2019 melakukan kegiatan “Penerapan Digital Marketing dan Branding UMKM bagi masyarakat Sidakaton” dengan arahan dari dosen pendamping Ibu Naintina Lisnawati, S.KM., M.Gizi.
Tujuannya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat Sidakaton terutama pelaku UMKM yang pemasarannya masih di daerah sekitar saja dan packaging yang digunakan masih dalam bentuk kemasan biasa. Kegiatan edukasi dan pendampingan ini dilaksanakan pada hari Kamis (26/1/2023) kepada salah satu pelaku UMKM keripik tempe dan peyek RT 03 RW 03, Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.
Edukasi dan pendampingan ini dilakukan secara langsung dengan memberikan modul dan pencerdasan terkait kemasan produk agar lebih di kenal konsumen, serta cara mendaftarkan gerai ke e-commerce. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan internet dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.
Setelah dilaksanakan adanya edukasi dan pendampingan ini, pelaku UMKM sangat berantusias untuk menerapkan cara yang telah disampaikan tersebut dan dengan adanya edukasi dan pendampingan ini di harapkan pemasaran lebih meluas dan tidak hanya di daerah sekitar saja.