Campusnesia.co.id -- Untuk
mengoptimasi sebuah website agar berada di daftar teratas dalam mesin pencari, terdapat dua teknik yang dapat Sobat coba, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah serangkaian cara optimasi yang dilakukan pada halaman blog
atau website, contohnya dari segi penggunaan keyword, konten, internal link, dan lainnya. Sementara SEO off page adalah cara optimasi yang dilakukan dari luar, seperti dengan mencari
external link dan membangun popularitas
blog. Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana memaksimalkan SEO on page.
Langkah Awal Memaksimalkan SEO On Page
1. Tingkatkan Kecepatan Website
Pengunjung cenderung menutup blog/website yang loading lama dan akhirnya membuka website lain. Selain itu, Google menyatakan kecepatan loading sebuah website menjadi salah satu faktor dalam algoritma search engine atau mesin pencarinya, berlaku untuk website versi desktop dan mobile.
2. Perhatikan Struktur URL
Semakin baik struktur URL, semakin mudah halaman blog/website diidentifikasi Google. Sehingga peluang masuk peringkat atas halaman pertama mesin pencarian juga semakin besar.
3. Riset Keyword
Sebagian besar pengguna internet hanya melihat hasil pencarian pada halaman pertama. Karena itu, para blogger wajib menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari agar blog bisa masuk di halaman pertama mesin pencarian. Ada 2 jenis kata kunci, yaitu kata kunci pendek (terdiri dari satu kata, lebih banyak dicari namun persaingan lebih ketat) dan kata kunci panjang (terdiri dari beberapa kata, lebih sedikit dicari namun peluang masuk halaman pertama lebih besar).
4. Perhatikan Struktur Konten
Struktur konten
ditulis yang lengkap terdiri dari:
-Headline : Harus mengandung kata kunci, panjang ideal sekitar 50-60 karakter atau 7-10 kata)
-Subheading : Berfungsi sebagai penarik perhatian kedua untuk pembaca, sekaligus memberikan penjelasan lebih lanjut soal headline/judul yang berupa poin atau kalimat/paragraf).
-Body text : Panjang ideal
tulisan blog +1.760 kata, sementara panjang minimal 300 kata. Namun, algoritma
Google lebih menyukai postingan di atas 1000 kata.
-Media penunjang : Seperti gambar, video, musik, infografik.
Langkah Lanjutan untuk Memaksimalkan SEO
On Page
Maksimalkan Title Tag dan
Meta Description
Title tag adalah judul artikel yang akan muncul di halaman pencarian. Sementara meta description adalah keterangan di bawah judul dan URL yang mendeskripsikan isi dari konten halaman tersebut. Panjang ideal title tag sama seperti headline, yaitu sekitar 50-60 karakter, sedangkan meta description sekitar 130 karakter.
Optimasi Gambar
Gambar penting dimasukkan agar halaman postingan terlihat menarik, karena itu harus mengunggah gambar yang memiliki kualitas bagus. Sayangnya, gambar dengan kualitas bagus seringkali berukuran besar sehingga memperlambat loading blog. Karena itu, sebelum diunggah perkecil ukuran foto atau gambar. Selain itu, buat gambar jadi SEO friendly dengan mengisi Title text dan Alt text sesuai dengan keyword yang digunakan.
Gunakan Analytics dan Search Console
Ada dua tools dari Google yang juga berguna untuk memaksimalkan SEO, yaitu Google Analytics dan Google Search Console. Google Analytics berfungsi untuk menampilkan data statistik jumlah dan lokasi pengunjung, serta mengidentifikasi perilaku pengunjung blog. Sedangkan fungsi Google Search Console untuk mendiagnosa performa website/blog, dan memberikan data keyword yang digunakan pengunjung untuk mencari blog.
Manfaatkan Internal dan
External Link
Menyematkan internal link dan external link pada postingan juga bisa membantu tulisan masuk pada halaman pertama mesin pencarian. Internal link adalah URL yang mengarahkan ke halaman lain dalam blog atau website yang sama. Sementara external link adalah URL dari website lain yang mengarahkan ke website/blog sendiri.
Tambahkan Tombol Sharing
Adanya tombol sharing membuat keinginan pembaca
untuk membagikan sebuah postingan akan lebih besar dibanding jika tidak ada tombol share. Karena itu, tambahkan gadget tombol sharing karena dengan banyaknya postingan yang dishare, selain meningkatkan traffic, maka Google juga akan
menilai kalau website itu kredibel.